Senin, 21 Desember 2009

HARI IBU TAHUN 2009

Mungkin banyak orang tidak tahu atau menyadari bahwa tanggal 22 Desember adalah hari ibu, yang pada tahun 2009 ini jatuh pada hari Selasa. Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, surprise party bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Peringatan Hari Ibu terpolusi oleh Mother’s Day yang diperingati di banyak negara, terutama Amerika Serikat. Memang latar belakang pemahaman tentang Hari Ibu di belahan bumi ini berbeda-beda.

Ungkapan seperti diatas dengan aneka ucapan terima kasih atas jasa dan jerih payah ibu tidak ada salahnya. Tetapi, jika menurut sejarah terjadinya Hari Ibu di Indonesia, sebenarnya bukan itu misi sejatinya. Misi sejati peringatan Hari Ibu adalah mengenang perjuangan kaum perempuan menuju kemerdekaan dan pembangunan bangsa. Tanggal 22 Desember dipilih untuk mengenang diselenggarakannya Kongres Perempuan pertama, 31 tahun sebelumnya, yakni tahun 1928 di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto, Yogyakarta. Tahun 1959, Presiden Soekarno menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959. Sejarah yang melandasi peringatan hari Ibu ini adalah berkumpulnya para pejuang wanita untuk mengadakan Kongres Perempuan I pada tanggal 22-25 Desember 1928 di kota Yogyakarta. Kongres Perempuan saat ini lebih dikenal dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Namun organisasi perkumpulan wanita ini sendiri sudah terbentuk sebelumnya sejak tahun 1912 dengan diilhami perjuangan tokoh-tokoh wanita kita seperti Martha Kristina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Cut Mutia, RA Kartini, Dewi Sartika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pada tanggal keramat tersebut para pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan

Berbagai perjuangan yang digarap para kaum perempuan di Nusantara Indonesia ini, adalah:
1.Semangat perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa, serta menghilangkan jender dan feminisme bagi kamu perempuan yang masih berkembang di negeri ini.
2.Semangat perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa dalam hal: perdagangan anak-anak, perbaikan gizi, perbaikan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya.

Dari hal tsb di atas tercermin semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama, sehingga hari Ibu terseret ke arah pemaknaan Mother’s Day, yang lebih ditujukan untuk memberi puja-puji terhadap ke-ibu-an (motherhood) dan perannya sebagai "yang telah melahirkan dan menyusui", sebagai pengasuh anak, sumber kasih sayang, pemandu urusan domestik, dan pendamping suami. Di Indonesia, makna itu mengalami pendangkalan akibat komersialisasi dan bisnis media lebih ke arah hari makan-makan atau pemberian kado bagi para ibu.

Titik sentral peringatan Mother’s Day di sebagian negara Eropa dan Timur Tengah, yang mendapat pengaruh dari kebiasaan memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronus, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani kuno, maka, peringatan Mother’s Day jatuh pada bulan Maret. Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei karena pada tanggal itu pada tahun 1870 aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara.

Peringatan Hari Ibu 22 Desember di Indonesia amat tidak konsisten karena secara makna lebih cenderung mengarah ke worshiping motherhood, seperti di Eropa dan Timur Tengah, dan praktiknya cenderung mengcopi apa yang dilakukan masyarakat Amerika Serikat, tetapi dari segi waktu maunya memakai tanggal di mana pejuang perempuan bangsa bersatu. Jika kita ingin dianggap jelas dalam berpikir, seharusnya mengembalikan hari penting itu kepada makna sejatinya, yakni mengenang perjuangan dan keterlibatan perempuan dalam usaha perbaikan nasib bangsa yang belum lepas dari berbagai kemalangan, tanpa harus menghilangkan rasa terima kasih dan puja-puji terhadap jasa dan perjuangan kaum ibu.

Sekedar untuk mengingat jasa-jasa atau pengorbanan yang telah diberikan oleh Ibu kepada kita, sudahkah kita membalas jasa-jasa Ibu?, marilah memperingati hari Ibu, dengan cara dan sudut pandang yang berbeda, tentunya keperbedaan harus kita hargai, seperti ungkapan 2 buah lagu di bawah ini…..
"KASIH IBU" dan "DI DOA IBUKU NAMAKU DISEBUT”

"Kasih Ibu"

KASIH IBU
KEPADA BETA
TAK TERHINGGA SEPANJANG MASA...
HANYA MEMBERI 
TAK HARAP KEMBALI
BAGAI SANG SURYA MENYINARI DUNIA....

"Di Doa Ibuku Namaku Disebut" (Nikita)
BAIT 1 :
DI WAKTU KU MASIH KECIL GEMBIRA DAN SENANG
TIADA DUKA KU KENAL TAK KUNJUNG MENGERANG
DI SORE HARI NAN SEPI IBUKU BERTELUT
SUJUD BERDOA KU DENGAR NAMAKU DISEBUT
REFF :
DI DOA IBUKU NAMAKU DISEBUT
DI DOA IBU KU DENGAR ADA NAMAKU DISEBUT
BAIT 3 :
SEKARANG DIA TELAH PERGI KE RUMAH YANG SENANG
NAMUN KASIHNYA PADAKU SELALU KU KENANG
KELAK DI SANA KAMI PUN BERSAMA BERTELUT
MEMUJI TUHAN YANG DENGAN NAMAKU DISEBUT
REFF :
DI DOA IBUKU NAMAKU DISEBUT
DI DOA IBU KU DENGAR ADA NAMAKU DISEBUT

Selamat Hari Ibu. Selamat berjuang, kaum perempuan!

26 komentar:

  1. hari ibu memang merupakan hari yang paling bersejarah untuk kita semua,karena merekalah kita dapat berada di dunia ini,para ibu-ibupun telah mempertaruhkan nyawanya ketika melahirkan kita dan kasih ibu dapat menerangkan jiwa dan pandang kita

    tidak ada salahnya jika pada hari ibu kita membuat ibu kita bahagia,tetapi bukan hanya pada hari ibu saja tapi pada hari-hari lainpun kita harus membahagiakan ibu kita
    ingat surga ada di telak kaki ibu!

    M.Trisna.s.c.RMD

    BalasHapus
  2. sebagai seorang perempuan, saya juga merasa senang adanya hari ibu, selain ada hari kartini. dimana pada era sekarang, wanita dituntut untuk lebih maju dibanding sebelumnya. walau permasalahn gender bukan hal lazim dimuka umum. namun sebagai seorang perempuan, kita harus lebih meningkatkan mutu diri lagi. tidak terlalu terpaku dengan adat,melainkan menyesuaikan dengan zaman sekarang. seperti melakukan sosialisali mengenai peranan aktif wanita. meningkatkan mutu juga bisa dilakukan dengan memperkaya ilmu, selain menuntut ilnu yang lebih juga dapat ditambah memperkaya ilmu dengan mengikuti kursus-kursus yang bermanfaat. seperti kursus bahasa, memasak, menjahit, dsb.
    dan menurut saya peringatann hari ibu sebenarnya tidak harus pada tanggal 22 desember, namun bisa kita tunjukan dalam keseharian. seperti membuat bangga denagn segala prestasi kita, membantu beres-beres rumah,menuruti kata-katanya sebagai doa jalan kesuksesan kita dan tak lupa menghormati mereka.
    walau berbeda dalam perayaannya hari ibu adalah tetap hari dimana kita seharusnya bangga telah mempunyai ibu super yang selalu mendukung kita dan selalu ada untuk kita.
    terima kasih ibu.

    rosy ristyorini .rmd . S.C

    BalasHapus
  3. Tanggal 22 desember merupakan hari dimana para ibu mendapatkan perhatian lebih dari anak-anak mereka, anak-anak berusaha untuk membahagiakan ibu mereka. Walaupun kita tahu bahwa yg kita lakukan hari itu tidak dapat membayar semua pengorbanan ibu kita sejak ibu mengandung kita, setidaknya kita dapat melihat senyum manis dari ibu. Perlu kita sadari hari kasih sayang pada ibu tidak hanya pada tgl 22 desember melainkan kita harus memberikan kasih sayang kita tiap hari.
    Dan janganlah kita melukai hati ibu kita karena itu merupakan tindakan yang paling berdosa.

    dian purnama sari .rmd. SC

    BalasHapus
  4. Dengan adanya hari Ibu pada tanggal 22 Desember sungguh sangat berarti bagi kaum perempuan. karena Hari Ibu adalah suatu bentuk penghargaan bagi seorang Ibu yang banyak sekali jasanya bagi seluruh anak yang dilahirkannya.

    seorang ibu mempunyai kasih sayang tulus dan kasing sayang tersebut ada sepanjang masa, jadi menurut saya hari ibu sangat perlu diperingati.
    ibu merawat kita sejak kecil hingga dewasa dan banyak hal yang kita peroleh dari dulu karena ibu adalah segalanya. mengajari bicara saat kita kecil, memahari dan menasehati kita jika salah. dan ibu tidak pernah mengeluh atau letih mengurus anak-anaknya.

    dengan demikian patutlah kita memperingati hari ibu dan bukan hanya sekedar memperingatinya tapi selalu menghormati dan patuh kepada beliau

    Dwi Ayuni rmd. SC

    BalasHapus
  5. Banyak orang yang beranggapan hari Ibu adalah moment yang tepat untuk menunjukkan rasa kasih sayang terhadap Ibu.
    Memberikan Ibu hadiah dan perhatian kepada Ibu adalah hal yang wajib dihari ibu.
    Menurut saya menunjukkan rasa kasih sayang terhadap Inu tidak hanya pada hari ibu.Karena Iubu selalu menunjukkan kasih sayangnya setiap hari jadi kitapun harus menunjukkan kasih sayang terhadap ibu setiap hari.

    Kita harusingat bahwa Ibu yang melahirkan kita, membesarkan kita.Tanpanya kita tidak bisa apa-apa.


    ALFAHRI rmd. SA

    BalasHapus
  6. Hari Ibu merupakan hari yang sangat penting. Dimana seluruh di dunia merasa sangat berharga. Karena biasanya hari Ibu para anak akan memberikan yang spesial kepada Ibunya sebagai tanda terima kasih.
    Tetapi seharusnya tidak hanya dihari ibu saja,para anak ungkapan rasa bangganya karena bagaiamanapun Ibu yang sangat peduli terhadap kita yang selalu dalam membantu kita.

    Seharusnya pemerintah mengadakan program yang rutin pada tanggal 22 Desember karena bagaimanapun juga Ibu sangat berjasa bagi semua anak dan wanita yang berperan penting dalam kehidupan kita.

    Untuk itu mulai sekarang kita harus menghormati dan menghargai Ibu


    PUTRI NURAINI WIDIYANTI rmd. SA

    BalasHapus
  7. hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 desember adalah suatu bentuk rasa cinta semua anak terhadap seorang ibunya yang memiliki jasa yang tak terhingga.

    bukan hanya melahirkan kita, tapi melindungi merawat, mengasuh dan mendidik kita dari dalam kandungan hingga sekarang .

    Hari ibu adalah hari untuk menunjukan rasakasih sayang dimana semua anak memberikan suatu hal yang terbaik kepada ibunya, bukan hanya hadiah tetapi suatu bentuk perhatian yang lebih.

    Seharusnya hal itu tidak hnya dilakukan setiap tanggal 22 Desember saja, namun dilakukan setiap hari dengan sebaik mungkin.


    TINUK SULANDARI rmd.SA

    BalasHapus
  8. tanggal 22 merupakan hari yang penting bagi kita karena itu adalah hari ibu. kita biasanya memberikan kasih sayang atau jalan jalan bersama keluarga khususnya ibu untuk merayaknnya

    namun apakah hanya pas hari ibu saja kita melimpahkan kasih sayang. Seharusnya kita menyayangi ibu kita SETIAP HARI karena ibu kita selalu merawat dan menjaga tanpa kenal lelah. Apa yang terjadi apabila kita dirawat dan dijaga hanya pada saat hari anak saja ?

    Nah oleh karena itu kita harus menghargai jerih payah ibu kita dengan jalan menjaga dan menyayangi ibu kita setiap hari, setiap jam dan setiap waktu

    Ardy Yulinanto
    S.E

    BalasHapus
  9. Fety Mahyadiarni S.E

    menurut saya ibu sangat lah berjasa bagi kita karena dia telah berjuang selama 9 bulan supaya kita dapat lahir ke dunia ini dengan sempurna tanpa kekurangan satu pun.
    dengan adanya hari ibu kita dapat mengetahui ibu sangat lah penting buat kita , tapi jangan hanya hari ibu saja kita harus berbakti tetapi harus setiap hari kita berbakti dan membantu ibu kita dalam rumah.

    maka sayangilah ibu kita sepenuh jika dan hati yang tulus.
    dan mari kita rayakan hari ibu dengan suka cita dan kebahgiaan yang jatuh pada tanggal 22 desember ..

    sekian komentar dari saya..

    Fety Mahyadiarni S.E

    BalasHapus
  10. Ibu tidak diragukan lagi hal yang paling indah dan menyenangkan dalam bahasa apapun. Hal ini menunjukkan pentingnya ibu dalam kehidupan kita .Ibu membawa anak dalam rahimnya selama 9 bulan dan dalam hatinya selama sisa hidupnya selain itu pula juga melambangkan pengorbanan, rasa sakit, kesedihan dan penderitaan yang dia harus jalani untuk menjaga anak-anaknya bahagia dan aman.Tidak ada sukacita yang bisa cocok dengan sukacita seorang ibu melihat anaknya menjadi bahagia,wanita yang paling penting dalam kehidupan individu.
    Kehadirannya memengaruhi kita dan tidak dapat tergantikan oleh apapun.

    Dirayakan setiap tahun, Hari Ibu adalah kesempatan ketika individu mengungkapakan cinta dan penghargaan yang mereka miliki untuk ibu mereka. Saatnya untuk memanjakan dirinya untuk semua yang telah dilakukannya. Pada hari ibu kita dapat memberi tahu bahwa dia akan selalu menjadi penting bagi kita semua dan bahwa kita akan terus mencintainnya selama-lamanya.

    Amilia W
    S.E
    Rmd. Uts

    BalasHapus
  11. Hari ibu merupakan hari penting bagi seorang wanita, khususnya ibu. Dimana hari ini wujud dari kasih sayang terhadap ibu nya. Sebenarnya bukan hanya di hari ibu ini kita menunjukkan kasih sayang kita terhadap ibu kita sendiri. Tetapi setiap hari pun kita dapat memberikan kasih sayang kita. Namun di hari ini merupakan simbol untuk menunjukkan sayang kita terhadap ibu kita. Dengan memberikan sesuatu yg spesial untuk dirinya, bisa berupa hadiah ataupun prilaku kita yg menjadikan beliau seorang yg sangat spesial.

    Dengan hari ini pun kita sadari btapa sayangnya ibu terhadap anaknya tanpa balas jasa yg beliau harapkan. Hanya kebahagiaan anak juga kebahagiaan dirinya.

    Ayu Anisa S.D

    BalasHapus
  12. Hari ibu dipringati setiap 22 Desember, dimana hari itu kita memberikan kasih sayang terhadap ibu kita. Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk menjadikannya merasa spesial dengan apa yg dilakukan atau diberikan anaknya.

    Memang sudah hak seorang perempuan untuk bebas menuju apa yang diinginkannya. Perempuan boleh melakukan apa yang dia inginkan, namun tetap harus menyadari bahwa dia seorang perempuan jangan terlalu memaksa melakukan apa yang seharusnya tidak dia lakukan.

    Fachruri Budiman S.A

    BalasHapus
  13. ibu adalah orang yang paling berharga bagi seluruh anak kasih sayang ibu tidak bisa di bandingkan oleh apapun. bahkan di identikkan bahwa surga di telapak kaki ibu. itu semua karna ibu selalu ada di saat kita membutuhkannya. kasih sayangnya selalu memberikan semangat, kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi segala keadaan yang ada oleh karena itu sebagai mana ibu kita, seperti apa ibu kita jangan lah sekali-kali ada rasa marah, malu mengakui ibu kita apalagi dendam karena itu merupakan perbuatan yg tidak layak di lakukan oleh seorang anak, karna tanpa seorang ibu kita tak berarti.

    Hana Nurfiana S.E RMD UTS

    BalasHapus
  14. Ibu adalah seorang yang sangat berjasa bagi seorang anak, ia mengandung selama 9 bulan tanpa mengeluh dan tidak ada rasa menyesal, ia merawat dari kecil hingga besar ia adalah sosok yang paling berharga bagi setiap orang walaupun tanpa ayah ia sanggup merawat anaknya. ia tidak mengharapkan balas budi apapun di hanya berharap anaknya tumbuh sehat & berhasil kelak tanpanya tentu kita tidak akan seperti sekarang ini oleh karena itu. kita sebagai anak harus menghormati & menghargai ibu hanya ia yang paling berjasa bagi seorang anak hingga akhir hayat.

    MIA RAHMA S.E RMD UTS

    BalasHapus
  15. hari ibu memang meupakan hari yang spesial bagi kaum anak-anak.,.karna beliau yang sudah mengandung dan memperbesarkan kita sampai saat ini., dan hanya ibu yang berani mempertaruhkan nyawanya selama 9bulan untuk melahirkan kita,..,,


    jadi janganlah kita berbuat jahat kepada ibu kita sendiri,karena perkataan orang tua adalah doa untuk anaknya.,.,

    Lanjutkan untuk kaum para ibu.,.,

    BalasHapus
  16. Anonim mengatakan...

    hari ibu memang meupakan hari yang spesial bagi kaum anak-anak.,.karna beliau yang sudah mengandung dan memperbesarkan kita sampai saat ini., dan hanya ibu yang berani mempertaruhkan nyawanya selama 9bulan untuk melahirkan kita,..,,


    jadi janganlah kita berbuat jahat kepada ibu kita sendiri,karena perkataan orang tua adalah doa untuk anaknya.,.,

    Lanjutkan untuk kaum para ibu.,.,


    M.Rizky Nur Imam M S.C(rmd uts)

    BalasHapus
  17. hari ibu memang meupakan hari yang spesial bagi kaum anak-anak.,.karna beliau yang sudah mengandung dan memperbesarkan kita sampai saat ini., dan hanya ibu yang berani mempertaruhkan nyawanya selama 9bulan untuk melahirkan kita,..,,


    jadi janganlah kita berbuat jahat kepada ibu kita sendiri,karena perkataan orang tua adalah doa untuk anaknya.,.,

    Lanjutkan untuk kaum para ibu.,.,


    Dino Fajar CR S.C(rmd uts)

    BalasHapus
  18. ibu adalah kaum perempuan yang siap mati untuk membela anaknya.,.,


    jadi jangan sakiti hati ibu dan tetap ingat surga di telapak kaki ibu,.,


    Dino Fajar CR S.C(rmd uts)

    BalasHapus
  19. hari ibu adalah dimana kita bisa menghargai dan mengingat - ingat jasa seorang ibu.sebenarnya bukan hanya di hari ibu saja kita mengingat jasa seorang ibu, tetapi harus di setiap waktu. karena tanpa ibu kita pun pasti tak ada disini.jasa seorang ibu tak bisa tergantikan oleh apapun didunia ini,sehingga sayangilah ibumu selagi mereka masih ada.dan jangan pernah letih berdoa ketika mereka telah tiada.

    DIAN PERTIWI S.A (rmd UAS)

    BalasHapus
  20. tanggal 22 desember adalah hari ibu,kita mesti sadari perjuangan seorang ibu tidaklah mudah.9 bulan 10 hari mereka mengandung kita,tidaklah mudah seorang ibu melakukan itu semua.penuh perjuangan berkorban nyawa hanya untuk melahirkan kita yang kadang sering melukai perasaannya,tidak mematuhi perintahnya,kadang bahkan sampai melawannya.sehingga di hari ibu ini mungkin kita bisa lebih berintropeksi diri sehingga kita bs menjadi anak lebih berbakti kepada ibu kita.

    WAHYU ARI GUNAWAN S.E (rmd uas)

    BalasHapus
  21. hari ibu..
    sebenarnya hari ibu itu merupakan salah satu hari yang terpenting bagi seluruh anak yang mencintai sosok ibunya..
    mungkin sang ibu lupa terhadap hari ibu tgl 22 desember,,itu bisa saja menjadi hal yang wajar..
    namun jika seorang anak melupakan hari tersebut,,berarti dia dapat dikatakan anak yang tidak mencintai ibunya sendiri yang telah membesarkannya..
    jadi di sini saya ingin mengingatkan kepada semua anak Indonesia dan dunia untuk lebih menyayangi dan menghormati ibunya..
    karena bagi saya,, "My Mother is My Everything"
    Terima kasih.

    Renny Sinaga
    S.D
    Rmd.UAS

    BalasHapus
  22. hari ibu..
    sebenarnya hari ibu itu merupakan salah satu hari yang terpenting bagi seluruh anak yang mencintai sosok ibunya..
    mungkin sang ibu lupa terhadap hari ibu tgl 22 desember,,itu bisa saja menjadi hal yang wajar..
    namun jika seorang anak melupakan hari tersebut,,berarti dia dapat dikatakan anak yang tidak mencintai ibunya sendiri yang telah membesarkannya..
    jadi di sini saya ingin mengingatkan kepada semua anak Indonesia dan dunia untuk lebih menyayangi dan menghormati ibunya..
    karena bagi saya,, "My Mother is My Everything"
    Terima kasih.

    Renny Elvi Nita
    S.D
    Rmd.UAS

    BalasHapus
  23. Hari ibu diperingati karena pentingnya seorang ibu bagi semua orang....
    hal tersebut terbukti dengan adanya
    1. Hari ibu
    2. Ibu kota bukan ayah kota
    3. Lagu Kasih Ibu bukan Kasih Ayah
    4. Kasih ibu sepanjang masa kasih ayah sepanjang jalan
    hal-hal tersebut menyatakan pentingnya seorang ibu...karena ibu adalah yang melahirkan setiap anak didunia...
    namun dengan adanya Hak Asasi Wanita membuat sebagian ibu melanggar tugasnya sebagai seorang ibu, banyak ibu yang berangkat pagi pulang malam dan tidak memperhatikan anaknya. bahkan ada seoarng ibu yang menyerahkan tugas mengasu anaknya kepada pembatu. hal tersebut dapat membuat kejiwaan seorang anak terganggu karena kurang kasih sayang dari seorang ibu. oleh karena itu sebaiknya seorang ibu walaupun harus bekerja tetapi tidak boleh lupa akan tugasnya.

    Adelina S.E rmd uts

    BalasHapus
  24. hari ibu adalah hari yg di peringati setiap tanggal 22 desember, yg mungkin setiap org melupakannya. wajar setiap anak melupakan hari tsb. sebab di kalender tidak tertulis hari ibu setiap tanggal 22 desember, dan juga kalau di kalender tdb 22 desember tercantum dengan warna merah mungkin setiap org selalu mengingatnya.

    satu pesan dari saya, jangan sakiti hati orang tua terutama ibu.

    BalasHapus
  25. Eki Putra Wiratama
    S.C rmd UAS

    hari ibu adalah hari yg di peringati setiap tanggal 22 desember, yg mungkin setiap org melupakannya. wajar setiap anak melupakan hari tsb. sebab di kalender tidak tertulis hari ibu setiap tanggal 22 desember, dan juga kalau di kalender tdb 22 desember tercantum dengan warna merah mungkin setiap org selalu mengingatnya.

    satu pesan dari saya, jangan sakiti hati orang tua terutama ibu.

    BalasHapus
  26. saya sebagai seorang wanita merasa bangga dengan adanya hari ibu. Pada hari ibu kita sebagai seorang anak selalu ingin membahagiakan ibu kita dan kita ingin selalu melihat senyum diwajahnya. Tapi sayang banyak diantara kita suka melupakan hari ibu.

    Sebenarnya jika kita ingin membahagiakan ibu kita, kita tidak perlu menunggu datangnya hari ibu dulu karena kapanpun kita seharusnya selalu bisa membahagiakannya karena beliau sangat berjasa untuk kita. Jika tidak ada beliau kita tidak bisa menjadi seperti sekarang ini.

    Bagi saya ibu adalah wanita terhebat ..

    FITRI NUR AIZAH S.E
    rmd UAS

    BalasHapus